HOWARD AIKEN PENCIPTA KOMPUTER DIGITAL


Howard Hathway Aiken lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat, pada 8 Maret 1900. Ia berkuliah di Universitas Wisconsin, Madison, lalu mendapat gelar Doktor di Universitas Harvard pada1939. Saat itulah, dia bersama tia insinyur lain membuat dan mengerjakan computer. Komputer saat itu merupakan alat hitung elektronik dan otomatis, yang mampu meng hitung dengan cepat, cermat dan tepat. Awalnya, dia menamakan alat itu Automatic Sequence Controlled Calculator (ASSC). Namun, akhirnya diubah menjadi Harvard Mark 1.
Harvard Mark 1 memiliki tinggi 2,4 Meter, panjang 15,3 Meter, berat 35 Ton, berisi kabel sepanjang 800 KM, plus memiliki 3 juta sambungan.
Harvard Mark 1 digunakan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat, untuk membuat perhitungan saat mereka menembakkan meriam, meluncurka rket dan sebagainya. Pada 1947, Aiken menciptakan Harvard Mark 2, sebagai penyempurnaan dari Harvard Mark 1. Ia terus mengembangkanya, hingga membuat Harvard Mark 3 yang menggunakan sebagian komponen elektronik. Yang terbaik adala Harvard Mark 4, yang sepenuhnya menggunakan komponen elektronik.
Pada 1970, Aiken menerima penghargaan Edison Medal. Medali ini diberikan atas sumbangsihnya, pada pembuatan dan aplikasi komputer digital dalam skala besar. Serta sebagai penghargaan atas sumbanganya, dalam dunia pendidikan komputer digital.

0 komentar:

Music

Pengikut